Kegiatan 2 (Penanaman)

  1. Nama Kegiatan :  Penanaman pohon Salam dan pohon Sawo Duren
  2. Tempat : Hutan Kota Srengseng
  3. Waktu : Selasa, 4 April 2017 pukul 14.00 hingga selesai
  4. Daftar Hadir :
No. NIM Nama Jabatan Kehadiran
1. 2001537235 Denisa Cyntia Dewi Anggota Hadir
2. 2001537960 Michael Satriaji Ketua Hadir
3. 2001573796 Muhammad Raihan Zantara Anggota Hadir
4. 2001583714 Raihan Rakha Dhiya Anggota Hadir

 

  1. Deskripsi Lengkap Kegiatan

Pada minggu berikutnya kami datang untuk melakukan kegiatan penanaman pohon. Kami langsung menuju lokasi dimana kami akan membuat lubang untuk meletakkan pohon. Kami juga di pinjamkan cangkul oleh pihak disana guna mempermudah kegiatan. Setelah lubang dibuat, kami langsung memasukkan tanaman ke tempat yang telah di sediakan. Kami juga tidak lupa menutup kembali bagian tanah yang telah dilubangi dengan rapih. Setelah itu, kami memberikan bambu dan mengikatnya di masing-masing pohon supaya pohon tumbuh dengan baik dan tidak miring. Di akhir kami juga tidak lupa untuk menyiram tanaman supaya tumbuh subur. Kami belum langsung memberikan pupuk pada minggu pertama kegiatan karena pihak pengelola pun juga memberitahu kami bahwa sebaiknya tanaman yang baru ditanam diberikan jeda lalu baru diberikan pupuk. Setiap minggunya kami akan selalu memantau perkembangan tanaman tersebut serta mengukur tinggi pohon. Pada minggu pertama tinggi pohon Salam yaitu 60cm dan tinggi pohon Sawo Duren yaitu 48cm.

 

  1. Hasil Kegiatan
  • Membuat lubang untuk meletakkan tanaman
  • Melakukan penanaman pohon Salam dan pohon Sawo Duren
  • Menyiram pohon
  • Pohon sehat tanpa adanya hama maupun penyakit lainnya
  • Tinggi pohon Salam yaitu 60cm, tinggi pohon Sawo Duren yaitu 48cm.

 

  1. Kesan Setiap Anggota

Denisa Cyntia Dewi:

Pembuatan lubang agak sulit karena kami belum pernah melakukan sebelumnya, pihak disana amat sangat baik mau meminjamkan cangkul, kegiatan penanaman pohon berjalan baik sampai tanaman diletakkan di lubang, tanah ditutup kembali, penyiraman, dan pengukuran pohon.

—————————————————————————————————————–

Michael Satriaji:

Dengan adanya kegiatan ini, kami semua belajar bagaimana caranya menanam pohon yang baik dan benar. Awalnya kami kesulitan di awal karena harus membuat lubang tetapi untuk selanjutnya kami tidak mengalami kesulitan lagi hingga selesai kegiatan penanaman pohon.

—————————————————————————————————————–

Muhammad Raihan Zantara:

Awalnya tanah agak keras dan kami kesulitan untuk membuat lubang tetapi semuanya tetap berjalan dengan baik. Kami tidak memiliki kesulitan untuk meletakkan pohon di lubang, menyiram tanaman, dan mengukur tinggi pohon.

—————————————————————————————————————–

Raihan Rakha Dhiya:

Kami sangat senang dalam melakukan kegiatan penghijauan ini, kami jadi mengerti cara menanam yang benar. Dengan mempelajaran ini, nantinya kami bisa menerapkan ditempat lain. Ternyata kegiatan menanam tidaklah sulit, hanya saja keinginan untuk menanamnya yang masih sulit untuk dilakukan.


Foto Kegiatan :

Leave a Reply